Sejarah Perkembangan CCTV Hingga Saat Ini

Sejarah Perkembangan CCTV Hingga Saat Ini

Sejarah Perkembangan CCTV Hingga Saat Ini – CCTV merupakan sebuah alat video kamera yang berfungsi untuk mengawasi atau merekam di area tertentu yang diawasi oleh sejumlah pengawas kamera dengan beberapa layar monitoer dengan cakupan publikasi terbatas, untuk menghindari kejahatan ataupun kejadian dan dapat diputar ulang kembali.

CCTV atau Closer Circuit Television pertama sekali ditemukan pada tahun 1942 oleh Walter Brunch dan pertama sekali digunakan pada peluncuran roket V-2 di Jerman. CCTV untuk awalnya diproduksi oleh perusahaan Siemens AG, yang pada waktu digunakan untuk mengawasi proses peluncuran roket V-2 dengan tujuan agar dapat diketahui apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Keluaran pertama CCTV hasil rekamannya hanyalah hitam putih dan kualitas gambarnya juga tidak begitu bagus karena resolusi yang rendah serta perkembangan teknologi saat itu belum seperti sekarang ini. Sistim CCTV saat itu dihubungkan dengan kabel koaksial dan pada saat itu apabila menggunakan 5 CCTV maka harus menggunakan 5 monitor untuk mengawasi kelima cctv tersebut.

Dan untuk pertama sekali pada tahun 1949 CCTV digunakan di Amerika Serikat sekitar 7 tahun setelah digunakan di Jerman. Pada saat itu, CCTV diproduksi oleh perusahaan bernama Vericon dan digunakan untuk mengawasi kota New York.

Penggunaan CCTV di kota New York saat itu bertujuan untuk mengawasi kejahatan yang mulai marak, dan digunakan di tempat-tempat umum terutama di sepanjang jalan untuk mengawasi orang-orang yang mencurigakan. Apabila terjadi kejahatan maka akan dengan mudah dicari pelakunya oleh kepolisian New York melalui rekaman CCTV.

Di Inggris penggunaan CCTV pertama sekali pada tahun 1960 setelah 11 tahun dari pemakaian CCTV di kota New York. Saat itu penggunaan CCTV di London bertujuan untuk melihat serta mengawasi aksi demonstrasi yang dilakukan oleh orang-orang kepada kerajaan Inggris saat itu.

Dengan adanya CCTV maka pengawasan terhadap aksi demonstrasi bisa dengan mudah dikontrol, apakah berjalan dengan damai atau rusuh.

Pada tahun 1970 munculah sebuah teknologi CCTV baru yaitu Multiplexer VCR (Video Recorder). Teknologi ini memungkinkan 10 rekaman kamera CCTV dapat dipantau menggunakan 1 monitor saja. Jadi, di monitor akan terlihat 10 rekaman kamera CCTV dalam waktru yang bersamaan.

Dengan adanya teknologi Multiplexer VCR ini lebih menghemat biaya dan lebih memudahkan dalam pengawasan kesepuluh kamera cctv yang berpusat pada satu layar saja.

Perkembangan CCTV 10 tahun kemudian, malah menjadi semakin buruk seiring teknologi yang semakin canggih. Dimana hasil rekamannya sangat tidak jelas objek yang direkam, mengakibatkan tidak bisa melihat orang-orang atau kejadian-kejadian yang terekam dalam kamera CCTV akibat buruknya hasil rekamanan CCTV pada saat itu.

Kemudian pada tahun 1990, perkembangan teknologi CCTV menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan berkembang sebuah teknologi kamera CCTV yang baru yaitu teknologi berbasis komputer DIgital Video Recorder (DVR).

Dengan berkembangnya teknologi DVR pada kamera CCTV, memungkinkan hasil rekamanan pada cctv menjadi lebih bagus dengan resolusi yang tinggi dan rekaman pun menjadi otomatis, serta memudahkan orang-orang pada penggunaan kamera CCTV.

Seiring perkembangan teknologi saat ini, perkembangan teknologi pada CCTV juga menjadi lebih baik. Selain itu jenis kamera CCTV pun berkembang menjadi beraneka ragam jenis dan memiliki keunggulan masing-masing. Pemantauan CCTV saat ini juga menjadi lebih luas, bukan hanya menggunakan monitor, saat ini juga bisa dipantau melalui smarphone menggunakan koneksi internet.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*