Memahami IP Camera atau Network Camera

Memahami IP Camera atau Network Camera

Memahami IP Camera atau Network Camera – IP Camera atau yang sering disebut Network kamera merupakan perangkat yang bertugas melakukan capture dan mentransmisikan gambar secara langsung melalui jaringan lokal maupun internet. Gambar tersebut dapat berupa video Motion JPEG (MJPEG), MPEG-4 atau H.264 menggunakan berbagai protokol jaringan, upload gambar individu berupa MJPEG menggunakan FTP, e-mail dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Karena tujuan utamanya yaitu untuk memantauan (monitoring) area publik, kantor, rumah dan perilaku orang di lingkungan tertentu, sehingga kegiatan tesebut lebih dikenal sebagai surveillance.

Komponen utama kamera jaringan terdiri dari lensa, image sensor, beberapa prosesor, memori dan perangkat interface tambahan. Fungsi prosesor dalam kamera digunakan untuk mengolah gambar, kompresi, analisis video dan jaringan fungsionalitas. Sedangkan memori digunakan untuk menyimpan firmware network camera dan untuk rekaman video lokal. Untuk lebih mengetahui bagian/komponen apa saja yang terdapat pada sebuah network camera, perhatikan gambar blok diagram di bawah ini.

Seperti halnya komputer (PC), network camera memiliki ip address tersendiri. Umumnya ip address untuk network camera diset dari pabrik dengan ciri khas tersendiri, sebagai contoh default ip address network camera Edimax yaitu 192.168.2.3. Namun ketika network camera dihubungkan ke router merek lain (DHCP Server telah di Enable/diaktifkan) dan dengan segmen ip address yang berbeda, maka secara otomatis camera akan mengikuti konfigurasi yang terdapat pada jaringan tersebut.

Tabel di bawah ini akan memberi anda gambaran untuk dapat membedakan antara Network camera dan CCTV analog berdasarkan fiturnya.

Fitur IP/Network Camera CCTV Analog
Sensor Image CMOS CCD
Tranmisi Gambar Via Kabel UTP CAT5/6 Kabel Coaxial RG-59/60
Media Penyimpanan SD Card, PC, NVR,
Cloud Server
PC dan DVR
Penempatan Storage Fleksibel Lokal
Resolusi Gambar Pixel TVL (TV lines)
PTZ Control TCP/IP RS-485
Direct Remote View Yes No

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *