Jenis Kamera CCTV Dan Fungsinya

Kamera CCTV Wireless

Jenis Kamera CCTV Dan Fungsinya – Sekarang telah semakin berkembangnya jaman, banyak orang telah menggunakan di sekitar lingkungannya, mau itu di dalam rumah,halaman ruah, tempat usaha, dan di jalanan. Karna dalam memasang CCTV dapat melihat rekaman sebagai bukti di mana bila terjadi kejahatan, kemalingan dan kecelakaan yang tidak di inginkan.

Untuk mendapatkan CCTV bukan lah hal yang rumit, karna sekarang sudah banyak usahan yang menjual CCTV. Namu di pasaran CCTV banyak di jual dengan berbagai jenis, sebab harganya yang relatif tidak terlalu mahal dan cukup banyak di padukan dengan pandangan terhadap ruangan. Berikut mengenai beberapa jenis kamera CCTV dan fungsinya:

Baca juga

Komponen Instalasi Kamera CCTV

Kamera CCTV PTZ

Kamera CCTV PTZ

 

 

Yang di maksud dengan PTZ adalah singkatan dari PAN TILT ZOOM. PAN adalah kemampuan kamera untuk bergerak ke kiri dan ke kanan, TILT adalah kemampuan kamera untuk bergerak ke atas dan kebawah, sedangkan ZOOM adalah kemampuan kamera untuk memperbesar gambar hingga beberapa kali lipat. Biasanya kamera jenis ini digunakan untuk memantau suatu wilayah dengan jangkauan yang luas seperti di Bandara atau area parkir outdoor dan lapangan misalnya. Jenis kamera ini mempermudah pengawas cctv dalam memonitor areanya hanya dengan menggunakan 1 kamera, karena kamera PTZ ini bisa di set untuk memutar secara otomatis atau di kendalikan secara manual melalui controller.

Kamera CCTV Bullet

Kamera CCTV Bullet

Bullet camera ini dari segi lensa tidak jauh berbeda dengan dome, hanya bentuknya saja yang berbeda, biasanya lebih banyak di posisikan di luar ruangan ketimbang di dalam. Jenis kamera ini karena bisa juga di pasang di luar ruangan memiliki kelebihan tahan air. Bullet kamera dipasang di dinding atau langit-langit, kamera jenis ini merupakan kamera tipe fix dengan tujuan menangkap gambar dari area yang tetap terus menerus dan tidak dirancang untuk memiliki pan / tilt / zoom control, meskipun bisa saja dengan menggunakan alat tambahan.

Kamera CCTV Box

Kamera CCTV Box

Kelebihan dari kamera jenis ini adalah lensanya memiliki kemampuan ZOOM, biasa di posisikan pada pada bidang vertikal, kekurangannnya adalah kamera jenis ini membutuhkan pencahayaan yang cukup agar dapat menangkap gambar dengan jelas atau dapat menggunakan infrared dengan alat tambahan dan akan lebih baik lagi apabila box camera dilengkapi dengan housing kamera apabila di posisikan di luar atau dalam jangkauan tangan.

 

Kamera CCTV Wireless

Kamera CCTV Wireless

Kamera jenis ini include wireless di dalamnya, bisa langsung di konfigurasi dan dikonekan ke jaringan Internet via Wifi, setelah itu selesai, video bisa langsung di akses, tapi tidak semua kamera CCTV wireless ini berbasis IP , ada beberapa dari jenis kamera ini bisa juga menggunakan model alternatif lain dalam transmisi data.

Kamera CCTV HD (High Definition)

Kamera CCTV HD (High Definition)

Dalam hal bentuk, kamera ini bisa berupa apa saja baik itu camera indoor maupun outdoor, yang dimaksud HD disini lebih kepada kualitas gambar dari kamera tersebut. Tentu saja kamera dengan spesifikasi HD, kualitas gambarnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*