Definisi CCTV dan Alat-alat Pendukungnya

Definisi CCTV dan Alat-alat Pendukungnya

Definisi CCTV dan Alat-alat Pendukungnya – CCTV yang belakangan ini menjadi salah satu alat pilihan pertama setiap orang untuk menjaga keamanan sebuah toko, ruangan kerja, perumahan, mall ataupun jalan raya bahkan dalam lingkungan rumah pribadi. CCTV merupakan sebuah sistem komputer menggunakan video kamera untuk menampilkan dan merekam gambar pada waktu dan tempat dimana perangkat tersebut terpasang. Dengan adanya cctv ini kita dapat memantau keadaan setiap orang yang lewat didalam kompleks perumahan, jalan, depan rumah, karyawan disaat kita memerlukannya.

Tetapi apakah anda mengetahui apa pengertian dari CCTV itu sendiri ?
CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television yang artinya sebuah alat yang menggunakan sinyal yang bersifat tertutup atau rahasia,yang tidak seperti televisi biasa pada umumnya yang merupakan broadcast signal. Yang umumnya digunakan sebagai perlengkapan keamanan dan seiring perkembangan teknologi saat ini, cctv sudah menjadi sebuah kebutuhan setiap orang untuk menjaga keamanan keluarganya dari bahaya.

Lalu dalam sebuah CCTV, apa saja perlengkapan alat-alat pendukungnya untuk memasang sebuah CCTV? Untuk alat-alat pendukungnya adalah sebagai berikut :

Camera
Camera adalah sebuah alat untuk menangkap gambar. Camera untuk cctv ini sangat banyak jenisnya dan terdiri dari beberapa tipe yang dibedakan dari segi fungsi, kualitas dan penggunaanya. Ada dua kategori utama yaitu Camera CCTV Network dan Camera CCTV analog.

DVR
DVR atau Digital Video Recoder adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk merekam gambar yang dikirimkan oleh camera cctv. Terdapat 2 kategori penting didalamnya yaitu Stand Alone DVR dan PC Card DVR.

Terdapat bayak sekali fitur dari DVR yang bisa anda manfaatkan sebagai alat keamanan, contoh salah satunya ialah merekam semua kejadian atau peristiwa dimana hasil rekaman seringkali dipergunakan dalam kasus peradilan dalam membuktikan suatu perkara atau kejadian.

Ada berbagai jenis DVR yang dapat digunakan dengan fitur dan keunggulan yang berbeda-beda. Keunggulan atau spesifikasi DVR inilah yang menentukan berapa banyak kamera yang dapat dipasang dan kualitas gambar yang dihasilkan.

HDD ( Hard Disk Drive)
HDD merupakan singkatan dari hard Disk Drive yang berfungsi sebagai media penyimpanan data dari gambar yang dikirimkan oleh camera cctv kepada DVR. HDD sendiri dipasang pada DVR, semakin besar kapasitas HDD yang dipasang maka akan semakin panjang pula proses perekam yang dapat dilakukan ole CCTV tersebut.

Coaxial Cable
Ini adalah kabel yang merupakan kabel penghantar signal video dari kamera CCTV ke DVR, atau sebaliknya dari DVR ke monitor.

Power Cable
Kabel ini diperlukan apabila kabel kamera CCTV yang disediakan tidak cukup panjang untuk menjangkau sumber listrik terdekat.

BNC Connector
Merupakan sebuah konektor yang dipasang pada kabel coaxial.

Demikianlan artikel dari pengertian CCTV ini kami informasikan bertujuan agar saat anda ingin melakukan pemasangan cctv pada kantor, rumah anda bisa memilih sebuah cctv dengan kualitas gambar terbaik dalam menjaga keamanan rumah dan kantor anda sehari-hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*