Cara Pasang atau Menghubungkan CCTV dan DVR

Cara Pasang atau Menghubungkan CCTV dan DVR –┬áKini Anda sudah membeli CCTV dan Alat perekamnya (DVR / NVR) yang baru, kini agar semua perangkat yang telah dibeli dapat digunakan maka Anda perlu memasangkan sistem kamera pengawas ini di gedung atau hunian Anda. Untuk lebih cepatnya Anda bisa meminta tempat penjual CCTV untuk membantu memasangkan sistem kamera pengawas di gedung atau hunian Anda. Namun, bagi Anda yang tidak suka privasi di gedung atau di hunian terganggu, sebenarnya Anda bisa belajar untuk memasangkannya sendiri.

Artikel singkat ini akan membantu Anda untuk memasangkan CCTV Analog di gedung atau hunian Anda.

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan.

1. Obeng baik berbentuk min / plus, digunakan untuk memasangkan CCTV di dinding ataupun langit. Serta digunakan juga untuk memasang harddisk di DVR.
2. Kabel Coaxial, kabel ini mempunyai serabut dan dibagian tengah ada tembaga besar digunakan untuk menghubungkan CCTV dengan DVR. Pastikan juga untuk memilih kabel Coaxial yang dirangkai dengan kabel listrik untuk CCTV-nya.
3. Konektor BNC digunakan untuk memudahkan penyambungan kabel dengan CCTV dan DVR.
4. Untuk memudahkan pemasangan Konektor BNC, Anda bisa membeli Tang Crimping BNC. (opsional)
5. Mungkin juga diperlukan bor untuk membolongkan dinding atau langit-langit saat memasangkan CCTV di suatu ruangan.
6. Stop kontak untuk mengalirkan listrik ke CCTV. Namun jika CCTV memiliki fitur PoE (Power over Ethernet), CCTV dapat hidup cukup dengan menyambungkannya dengan kabel UTP yang sudah dialiri arus listrik dari sebuah adaptor.

Setelah alat dan bahan dipersiapkan, selanjutnya masuk ke langkah pemasangan CCTV ke DVR.

a. Bagian luar Kabel Coaxial dikupas sekitar 1 cm agar serabut tembaga (seperti rambut) dapat terlihat. Kemudian serabut ditekuk ke belakang.

b. Buang selongsong bagian dalam (biasanya berwarna putih) agar kawat tembaga tebalnya dapat terlihat.

c. Pasang f konektor dengan memutar searah jarum jam sampai seluruh serabut tembaga tertutup. Kemudian pasang bagian lain agar konektor BNC-nya terlihat seperti gambar dibawah.

d. Pasang colokan listrik dari adaptor ke CCTV.

e. Tempatkan CCTV dilokasi atau area yang ingin diawasi. Lakukan bor dan sekrup pada dinding atau langit-langit, agar kamera pengawas dapat terpasang dengan baik dan pastikan tidak jatuh.

f. Hubungkan Kabel Coaxial yang sudah menjadi colokan BNC agar terhubung antara CCTV dan DVR.

g. Selanjutnya, bongkar body DVR menggunakan obeng untuk memasangkan harddisk.

h. Pastikan mendapatkan kedua colokan (biasanya warna merah) dan memasangkan harddisknya sesuai gambar dibawah.

i. Tutup kembali body, lalu tancapkan adaptor untuk DVR dan CCTV dengan stop kontak listrik. Maka kamera pengawas sudah bisa digunakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*